berbagi informasi tentang hal-hal yang menarik

Istilah Gerakan Planet di Tata Surya

Istilah Gerakan Planet di Tata Surya

Istilah Gerakan Planet di Tata Surya:



  • Gerak Direk / Gerak Prograde èadalah gerakan yang umum. Secara umum gerakan planet-planet dan benda-benda Tata Surya bergerak berlawanan jarum jam jika dilihat dari utara Ekliptika. Jika dilihat dari pengamat di Bumi, gerakan benda langit secara umum yang terlihat dari Bumi arah pergerakannya dari Timur ke Barat. 


  • Gerak Retrogradeèkebalikan dari Prograde/Direk, gerakan yang melawan/berkebalikan arah dengan gerakan yang umum. Pada tata surya yang secara umum bergerak elawan jarum jam, maka jika ada benda yang bergerak searah jarum jam disebut bergerak retrograde. Di Bumi dikatak bergerak retrograde jika gerakannya yaitu terlihat bergeraknya dari Barat bergerak  ke arah Timur. Semua planet superior pada suatu saat akan terlihat dari Bumi mengalami gerak retrograde, tetapi hanya sementara, setelah itu kembali bergerak secara prograde.

  • Gerak Helixè Gerakan spiral, biasanya terjadi pada satelit yang mengelilingi planet sementara planet tersebut mengelilingi Matahari, maka lintasan satelit dalam ruang akan menjadi spiral



  • Gerak Indirek è berlawanan dengan gerak direk.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 14.34 and have 1 komentar

1 komentar: