1. Bidang Politik
Pasukan
Jepang selalu berusaha untuk menarik simpati/memikat hati rakyat
Indonesia, dengan tujuan agar rakyat Indonesia mau memberikan bantuan
kepada Jepang. Dalam usahanya untuk menarik simpati rakyat Indonesia,
Jepang membentuk Organisasi resmi, yaitu:
a. Gerakan Tiga A
Gerakan
ini disebut Gerakan Tiga A, yaitu Nippon Pelindung Asia, Nippon Cahaya
Asia, dan Nippon Pemimpin Asia. Gerakan ini dipimpin oleh Syamsuddin SH.
Namun dalam perkembangannya gerakan ini tidak menarik simpati rakyat
Indonesia, sehingga pada tahun 1943 gerakan ini dibubarkan dan
digantikan dengan Putera.
b. Putera (Pusat Tenaga Rakyat)
Organisasi
ini dibentuk pada tahun 1943 di bawah pimpinan “empat serangkai” ,
yaitu Bung Karno, Bung Hatta, Ki Hajar Dewantara, dan Kiyai Haji Mas
Mansyur. Pada awalnya, Jepang membentuk gerakan ini untuk menarik
perhatian rakyat Indonesia agar bersedia untuk membantu Jepang dalam
peperangan yang dilakukan Jepang. Akan tetapi, gerakan/organisasi ini
malah menjadi boomerang bagi Jepang. Hal ini disebabkan para anggotanya
yang memiliki rasa nasionalisme yang tinggi.
c. PETA (Pembela Tanah Air)
PETA
merupakan organisasi bentukan Jepang yang anggotanya terdiri dari
pemuda Indonesia, para pemuda ini dididik dan dilatih kemiliteran oleh
pasukan Jepang. Pada awalnya, organisasai ini bertujuan untuk memenuhi
kepentingan peperangan Jepang di lautan pasifik, namun dalam
perkembangannya organisasi ini malah menguntungkan bangsa Indonesia
untuk meraih kemerdekaan melalui perjuangan fisik. Karena Jepang merasa
kedudukannya di Indonesia menjadi berbahaya dengan adanya organisasi
itu, maka pada tahun 1944 organisasi itu dibubarkan dan diganti oleh
organisasi lain.
2. Bidang Ekonomi
Untuk
memenuhi kebutuhan perang Jepang dan industrinya, maka Jepang melakukan
eksploitasi terhadap sumber kekayaan alam Indonesia. Hal ini berupa
eksploitasi dibidang hasil pertanian, perkebunan, hutan, bahan Tambang,
dan lain-lain. Kekayaan alam yang diambil Jepang dari hasil menguras
kekayaan alam Indonesia ini hanya untuk kepentingan perang Jepang tanpa
memperhatikan kesejahteraan rakyat.Sebagai dampak dari eksploitasi
besar-besaran sumber kekayaan alam Indonesia adalah kesengsaraan rakyat
Indonesia berupa kekurangan sandang, pangan serta menderita kemiskinan.
Kekayaan alam yang diambil Jepang dari hasil menguras kekayaan alam
Indonesia ini hanya untuk kepentingan perang Jepang tanpa memperhatikan
kesejahteraan rakyat.Sebagai dampak dari eksploitasi besar-besaran
sumber kekayaan alam Indonesia adalah kesengsaraan rakyat Indonesia
berupa kekurangan sandang, pangan serta menderita kemiskinan. Rakyat
hidup serba kekurangan , kelaparan karena sumber makanan diangkut Jepang
untuk konsumsi tentaranya. Untuk pakaianpun rakyat menggunakan bahan
yang tidak layak pakai seperti goni yang keras dan kasar. Hal in terjadi
karena kapas yang seharusnya dijadikan kain atau pakaian ternyata
dibawa ke Jepang untuk diolah demi kepentingan Jepang itu sendiri.
Hal-hal yang diberlakukan dalam sistem pengaturan ekonomi pemerintah Jepang adalah sebagai berikut:
- Kegiatan ekonomi diarahkan untuk kepentingan perang maka seluruh potensi sumber daya alam dan bahan mentah digunakan untuk industri yang mendukung mesin perang. Jepang menyita seluruh hasil perkebunan, pabrik, Bank dan perusahaan penting. Banyak lahan pertanian yang terbengkelai akibat titik berat kebijakan difokuskan pada ekonomi dan industri perang. Kondisi tersebut menyebabkan produksi pangan menurun dan kelaparan serta kemiskinan meningkat drastis.
- Jepang menerapkan sistem pengawasan ekonomi secara ketat dengan sanksi pelanggaran yang sangat berat. Pengawasan tersebut diterapkan pada penggunaan dan peredaran sisa-sisa persediaan barang. Pengendalian harga untuk mencegah meningkatnya harga barang. Pengawasan perkebunan teh, kopi, karet, tebu dan sekaligus memonopoli penjualannya. Pembatasan teh, kopi dan tembakau, karena tidak langsung berkaitan dengan kebutuhan perang. Monopoli tebu dan gula, pemaksaan menanam pohon jarak dan kapas pada lahan pertanian dan perkebunan merusak tanah.
- Menerapkan sistem ekonomi perang dan sistem autarki (memenuhi kebutuhan daerah sendiri dan menunjang kegiatan perang). Konsekuensinya tugas rakyat beserta semua kekayaan dikorbankan untuk kepentingan perang. Hal ini jelas amat menyengsarakan rakyat baik fisik maupun material.
Pada
tahun 1944, kondisi politis dan militer Jepang mulai terdesak, sehingga
tuntutan akan kebutuhan bahan-bahan perang makin meningkat. Untuk
mengatasinya pemerintah Jepang mengadakan kampanye penyerahan bahan
pangan dan barang secara besar-besaran melalui Jawa Hokokai dan Nagyo
Kumiai (koperasi pertanian), serta instansi resmi pemerintah. Rakyat
dibebankan menyerahkan bahan makanan 30% untuk pemerintah, 30% untuk
lumbung desa dan 40% menjadi hak pemiliknya.
3. Bidang Pendidikan
Kebijakan
yang diterapkan pemerintah Jepang di bidang pendidikan adalah
menghilangkan diskriminasi/perbedaan yang diterapkan Belanda. Pada
pemerintaha Jepang, siapa saja boleh mengenyam/merasakan pendidikan.
Rakyat dari lapisan manapun berhak untuk mengenyam pendidikan formal.
Jepang juga menerapkan jenjang pendidikan formal seperti di negaranya
yaitu: SD 6 tahun, SMP 3 tahun dan SMA 3 tahun. Sistem ini masih
diterapkan oleh pemerintah Indonesia sampai saat ini. Satu hal yang
melemahkan dari aspek pendidikan adalah sistem pengajaran dan kurikulum
disesuaikan untuk kepentingan perang. Siswa memiliki kewajiban mengikuti
latihan dasar kemiliteran dan mampu menghapal lagu kebangsaan Jepang.
Begitu pula dengan para gurunya, diwajibkan untuk menggunakan bahasa
Jepang dan Indonesia sebagai pengantar di sekolah menggantikan bahasa
Belanda. Untuk itu para guru wajib mengikuti kursus bahasa Jepang yang
diadakan.
4. Bidang Sosial Budaya
Dibidang
sosial, kehadiran Jepang selain membuat rakyat menderita kemiskinan
karena kekurangan sumber daya alam, hal lain juga terjadi yang berupa
pemanfaatan sumber daya manusia. Pengerahan tenaga manusia untuk
melakukan kerja paksa (Romusha) serta dilibatkannya para pemuda untuk
masuk dalam organisasi militer maupun semi militer.
Dibidang
budaya terjadi keharusan menggunakan bahasa Jepang di samping bahasa
Indonesia. Rakyat juga diharuskan membungkukan badan kearah timur
sebagai tanda hormat kepada kaisar di Jepang pada setiap pagi hari
(Seikerei). Hal ini tentu saja sangat menyinggung rakyat Indonesia yang
mayoritas muslim, karena dianggap menyembah kepada kaisar Jepang yang
dianggap sebagai keturunan dewa matahari, padahal orang muslim hanya
melakukan penghormatan kepada Allah SWT.
Dampak Positif Kebijakan Jepang
- Diperbolehkannya bahasa Indonesia untuk menjadi bahasa komunikasi nasional dan menyebabkan bahasa Indonesia mengukuhkan diri sebagai bahasa nasional.
- Dalam bidang ekonomi didirikannya kumyai yaitu koperasi yang bertujuan untuk kepentingan bersama.
- Mendirikan sekolah-sekolah seperti SD 6 tahun, SMP 9 tahun, dan SLTA
- Pembentukan strata masyarakat hingga tingkat paling bawah yaitu rukun tetangga (RT) atau Tonarigumi
- Diperkenalkan suatu sistem baru bagi pertanian yaitu line system (sistem pengaturan bercocok tanam secara efisien) yang bertujuan untuk meningkatkan produksi pangan.
- Dibentuknya BPUPKI dan PPKI untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Dari sini muncullah ide Pancasila.
- Jepang dengan terprogram melatih dan mempersenjatai pemuda-pemuda Indonesia demi kepentingan Jepang pada awalnya, namun oleh pemuda hal ini dijadikan modal untuk berperang.
- Dalam pendidikan dikenalkannya sistem Nippon sentris dan diperkenalkannya kegiatan upacara dalam sekolah.
Dampak Negatif Kebijakan Jepang
- Penghapusan semua organisasi politik
- Romusha yang sangat menyengsarakan rakyat
- Krisis ekonomi yang sangat parah : hal ini dikarenakan dengan disalurkannya uang pendudukan secara besar-besaran sehingga menyebabkan terjadinya inflasi.
- Akibat dari self sufficiency yang terputusnya hubungan antar daerah
- Pembatasan pers sehingga tidak ada pers yang independen, semuanya dibawah pengawasan Jepang.
- Terjadinya kekacauan situasi dan kondisi yang parah seperti perampokan, pemerkosaan dan lain-lain.
- Pelarangan terhadap buku-buku berbahasa Belanda dan Inggris yang menyebabkan pendidikan yang lebih tinggi terasa mustahil.
- Banyak guru-guru yang dipekerjakan sebagai pejabat-pejabat pada masa itu yang menyebabkan kemunduran standar pendidikan secara tajam.
Posted by 15.01 and have
5
komentar
, Published at
Burungnya kadang ngalangin.....
BalasHapus083830451252
BalasHapusTerimakasih kak untuk blognya...blog yang kaka buat sangat bagus dan bermanfaat.sukeses selalu..Saya Lusiyanti Tamba dari https://www.atmaluhur.ac.id/
BalasHapusThanks gan
BalasHapusHallo saya dari masa depan:v
BalasHapus